Info Sekolah
Jumat, 23 Feb 2024
  • Sidik Jari Bagi Alumni Lulusan Tahun 2023 dilaksanakan Pada Tanggal 31 Mei-07 Juni 2023 Pukul 09:00-12:00 WIB Di Aula SMAN 1 Sidomulyo

Keseruan FPL Goes To School di Sman 1 Sidomulyo bersama Forum Pelajar Lampung (FPL) Lampung Selatan

Diterbitkan : - Kategori : Berita SMAN 1 Sidomulyo

Forum Pelajar Lampung (FPL) Lampung Selatan hadir di Sman 1 Sidomulyo dengan mengadakan kegiatan FPL Goes To School. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu, 13 Desember 2023 di Aula Sman 1 Sidomulyo. Dimulai pada pukul 09.00 WIB s/d selesai dan diikuti oleh sekitar 78 peserta perwakilan organisasi dan eskul yang ada di Sman 1 Sidomulyo.

Mengangkat Tema “Improve your Skill and Confidence with FPLs” terdapat dua materi yang disampaikan, yakni materi tentang Leadership oleh Kak Ega Fauzi, Kabid Kepemudaan Gebyar Pelajar Lampung, dan materi tentang Public Speaking oleh Kak Yosby Dwi Armanza, Koordinator FPLs 2022/2023.

Kegiatan dimulai dengan acara pembukaan. Setelah menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Gebyar Pelajar Lampung, dilanjutkan dengan sambutan-sambutan, penyerahan plakat kepada Kepala Sman 1 Sidomulyo dan do’a.
Alifia Safitri, selaku Koordinator FPLs dalam sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan FPL Goes To School telah diadakan dibeberapa sekolah, dan hari ini dilaksanakan di Sman 1 Sidomulyo. “Kegiatan FPL Goes To School pada hari ini mengenai materi tentang Public Speaking dan Leadership, dimana materi ini sangat dibutuhkan untuk modal kita menjadi generasi penerus bangsa,” tuturnya mengenai materi yang akan disampaikan kali ini.

Yosby Armanza, Kakak Gebyar Pelajar Lampung juga menjelaskan bahwa Forum Pelajar Lampung adalah sebuah Forum yang menghimpun dan mewadahi para pelajar SMA di Provinsi Lampung termasuk diantaranya adalah Lampung Selatan. “Ini merupakan kali kedua selama keberlangsungan Forum Pelajar Lampung Selatan hadir di Sman 1 Sidomulyo. Tentu kami berharap silaturahmi ini, kolaborasi ini dapat terus berlanjut dan mungkin kita bisa membuat event-event yang lebih besar. Semoga kegiatan ini bisa memberikan mindset yang baru bagi kawan-kawan, karena Hari ini kita akan sama-sama berdiskusi dan belajar mengenai materi yang sangat bagi kehidupan kita kelak,” harapnya.

Setelah melaksanakan acara pembukaan, dilakukan ice breaking yang seru agar peserta tidak merasa bosan. Dalam materi Public Speaking yang disampaikan oleh Kak Yosby, beliau menyampaikan “Merasa takut, merasa kurang maksimal berbicara didepan umum itu tidak apa-apa, justru bagus jika kita menyadari dan mengupgrade diri menjadi lebih baik. Setiap orang juga butuh komunikasi. Komunikasi adalah cara untuk menyampaikan keinginan dan pesan untuk mencapai tujuan, dan juga jalan menyelesaikan masalah.”
Public Speaking merupakan proses merancang dan mengirimkan sebuah pesan kepada sekelompok orang. Dengan menguasai public speaking akan membuat kamu lebih percaya diri dan lebih menonjol di tengah persaingan serta menyampaikan sesuatu dengan efektif. Public speaking nantinya akan sangat digunakan dalam dunia kerja, contohnya saat wawancara kerja bersama hrd.

Kak Yosby juga menjelaskan masalah yang sering dialami ketika berbicara didepan banyak orang yakni nervous dan bagaimana cara mengatasinya. “Nervous atau grogi saat ngomong depan banyak orang, itu masih sering kita alami, apa penyebabnya? Penyebabnya bisa karena pengalaman pertama, suasana baru, merasa menjadi pusat perhatian, ga pede, trauma masa lalu, dan belum siap tampil. Bagaimana agar percaya diri? Caranya adalah dengan latihan, lawan rasa malu, buang pikiran negatif, berdoa dan jadilah diri sendiri.”

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar